Kurang tidur berdampak negatif tidak hanya pada kesehatan fisik Anda, tetapi juga kesehatan mental Anda.Pasalnya, kurang tidur mengganggu konsentrasi sehingga berdampak pada pekerjaan dan belajar. Orang yang sulit berkonsentrasi akibat kurang tidur perlu segera mengubah kebiasaannya demi menjaga kesehatan mental dan fisik. Untuk lebih memahaminya, pelajari hubungan antara tidur dan konsentrasi serta cara mengatasi kurang tidur berikut ini. Kurang tidur tidak hanya membuat Anda mengantuk saat bangun tidur, tetapi juga berdampak negatif pada kemampuan Anda berkonsentrasi. Menurut penelitian tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Neuropsychiatric Disorders and Treatment, terdapat beberapa teori tentang dampak penurunan kognitif, seperti kurang tidur dan konsentrasi yang buruk. Hipotesis pertama, kurang tidur menyebabkan microsleep, yang ditandai dengan penurunan aktivitas listrik di otak saat tidur. Kondisi ini menurunkan kemampuan kognitif, berdampak negatif pada perhatian dan konsentrasi, serta menurunkan respons tubuh. Hipotesis kedua adalah kurang tidur mengubah struktur otak yang disebut korteks prefrontal. Hubungan antara kurang tidur dan konsentrasi sangat kompleks karena melibatkan banyak neuron atau sel saraf di otak. Namun, kurang tidur terbukti dapat menurunkan kewaspadaan dan konsentrasi seseorang. Hal ini membuat mereka mudah bingung dan tidak dapat berfungsi secara maksimal, terutama ketika diperlukan pemikiran logis atau kompleks.

Cara mengatasi kurang tidur jika kurang tidur, sebaiknya segera ubah kebiasaan dan tidur minimal 7 jam setiap malam. Menurut Healthline, ada beberapa cara mengatasi kurang tidur yaitu, hindari kafein setelah jam 14.00 atau beberapa jam sebelum tidur malam, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, melakukan aktivitas santai sebelum tidur, seperti membaca, bermeditasi, atau mandi air hangat. hindari makan malam dalam porsi besar sebelum tidur, jangan menggunakan gawai atau alat elektronik seperti televisi sebelum tidur dan paling penting olahraga rutin setiap hari, namun hindari olah raga mendekati waktu tidur.

 

Itulah beberapa cara mengatasi kurang tidur jadi sempatkan untuk berolahraga ya. Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan sepatu dan gear yang sesuai untuk olahrafa. Untuk itu lo bisa langsung cek aja startinglane.co.id ya