Lay up shoot merupakan salah satu teknik tembakan dalam permainan bola basket, di mana pemain melakukan tembakan sambil melompat dengan sebelumnya melangkah dua langkah ke arah ring basket. Bagi Anda pemain pemula bola basket lay up shoot bola basket juga merupakan metode tembakan paling aman terhindar dari blok lawan.

Hal itu dikarenakan pemain lawan melakukan lay up, mereka akan menambah kecepatan saat langkah terakhir dribel. Adapun tujuannya untuk mendekatkan bola dengan ring basket.

Proses lay up shoot bola basket bisa dilakukan di situasi terbuka, yakni di momen transisi dari defense ke offense ataupun pergerakan tanpa bola yang mampu meloloskan diri dari penjagaan.

Sementara jika lay up digunakan dari sisi yang sulit, yakni dengan adanya defender yang menempel ketat pergerakan, perlu melakukan gerakan tambahan untuk mengalahkan defender tersebut.

Tips dan Trik Melakukan Lay Up

  1. Saat bola telah dikuasai dengan kedua tangan, lakukanlah dribel untuk membuka ruang pertahanan lawan.
  2. Saat ingin mendekati ring basket, lakukan dengan langkah yang depat dengan kecepatan yang terus ditingkatkan.
  3. Ketika mendekati ring basket, lakukan loncatan setinggi mungkin dengan menggunakan kaki yang berlawanan dengan tangan yang digunakan untuk menembak bola.
  4. Tembakan bola secara lembut dan presisi dengan memantulkan bola tersebut ke backboard untuk mempermudah bola masuk ke ring basket.
  5. Setelah bola berhasil masuk, lakukan pendaratan pada titik yang benar dengan energi yang dilepaskan dan rileks untuk mengurangi risiko cedera.
  6. Setelah layup masuk, kembalilah ke posisi defense untuk menjaga posisi pemain lawan karena perpindahan possession segera dimulai

 

Memilih sepatu basket yang cocok

  •  Guard biasanya pemain yang membawa bola utama tim. Jadi, mereka harus cepat dan ringan. Upper low-top cocok untuk guard yang lincah.
  • Center & Power Forward: Mereka biasanya bermain di post rendah dan sering melakukan rebound. Upper high-top cocok buat gaya bermain klasik pemain center & power forward.
  • Small Forward & Versatile Player: Pemain ini bisa main di beberapa posisi dan punya berbagai kemampuan. Upper mid-top cocok buat mereka yang punya gaya bermain dinamis.

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan sepatu basket Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.