Nyeri punggung merupakan masalah kesehatan yang tidak pandang bulu dan sering dikeluhkan. Nyeri punggung dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri hebat, dan terkadang rasa tidak nyaman tersebut bertambah parah saat digunakan untuk membungkuk, berdiri atau sekadar berjalan. Salah satu jenis nyeri punggung yang paling umum adalah nyeri punggung bawah.

Sakit punggung bisa dialami siapa saja. Namun, wanita hamil, orang berusia di atas 30 tahun, gaya hidup tidak aktif, obesitas, perokok, dan masalah kesehatan mental semuanya rentan terhadap masalah kesehatan ini. Sakit punggung yang terkait dengan penyakit tertentu dapat disembuhkan dengan mengobati masalah kesehatan yang mendasarinya. Berikut beberapa cara mengobati sakit punggung yang bisa di coba:

Perhatikan posisi duduk dan saat bergerak

Penderita sakit punggung disarankan untuk menghindari gerakan tiba-tiba pada leher atau tulang belakang. Perubahan gerakan yang tiba-tiba seperti itu dapat menyebabkan masalah serius bagi penderita sakit punggung. Hindari juga posisi duduk yang buruk dan membuat punggung tidak nyaman. Duduk di meja yang terlalu tinggi, kursi terasa tidak nyaman, atau berada dalam posisi yang sama dalam waktu lama dapat memperparah nyeri punggung. Pilih kasur yang tepat
Kasur yang tepat tidak menyembuhkan sakit punggung. Tetapi menjaga postur tubuh yang baik saat beristirahat dapat membantu. Jika sakit punggung, sebaiknya tidur di kasur yang tidak terlalu keras, tapi juga tidak terlalu empuk. Juga, mereka menyarankan tidur tengkurap selama 30 menit untuk meredakan sakit punggung. Sama pentingnya untuk menjaga jadwal tidur dengan istirahat yang cukup untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

 

Latihan pernapasan dalam

Di lansir Everyday Health, senam pernapasan merupakan cara alternatif untuk mengobati sakit punggung. Latihan pernapasan dalam dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sekaligus mengurangi radang sendi yang menyebabkan nyeri punggung. Pada beberapa penyakit dengan nyeri punggung yang parah, pasien disarankan untuk melakukan latihan pernapasan dalam.

 

Terapi fisik

Selain minum obat, fisioterapi atau terapi fisik adalah cara lain untuk mengobati nyeri punggung. Terapi fisik dapat membantu meningkatkan kelenturan, memperkuat otot punggung dan perut, serta memperbaiki postur tubuh. Selain pereda nyeri, terapi fisik secara teratur juga dapat mencegah serangan nyeri punggung berulang.

Operasi

Jika nyeri punggung menjalar ke kaki dan menyebabkan kelemahan, ada kemungkinan saraf mulai terganggu.Salah satu cara untuk mengatasi nyeri punggung yang berhubungan dengan saraf adalah pembedahan. Pilihan pembedahan direkomendasikan ketika pasien tidak menanggapi pengobatan, terapi fisik, suntikan kortison, dll. Berbagai pengobatan nyeri punggung yang disebutkan di atas biasanya efektif setelah satu bulan pengobatan. Namun, mengobati dan mengelola nyeri punggung yang parah terkadang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Konsultasikan dengan dokter untuk menentukan pengobatan yang paling tepat. Jangan remehkan nyeri punggung, karena dapat meningkatkan risiko patah tulang belakang. Selama perawatan, berhati-hatilah agar tidak jatuh.

 

Itulah beberapa cara untuk mengatasi sakit punggung, Brosist. Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan gear yang sesuai untuk menjaga kesehatan punggung saaat olahraga. Untuk itu lo bisa langsung cek aja ncrsport.com ya