Sekilas, diet sepertinya menjadi jawaban yang jelas jika kita ingin menurunkan berat badan. Seperti yang kita ketahui, jika kita makan atau mengkonsumsi lebih banyak kalori dari yang kita butuhkan, berat badan kita bisa bertambah. Oleh karena itu, mengurangi asupan kalori secara alami adalah kunci untuk menurunkan berat badan.

Namun, pengurangan ini biasanya tidak berkelanjutan. Singkatnya dari WebMD, diet sering dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan ditujukan untuk menurunkan atau mencapai berat badan yang diinginkan. Ketika tujuan ini tercapai, program diet berakhir. Di mana orang cenderung kembali ke cara lama mereka. Lebih buruk lagi, perasaan kekurangan dapat menyebabkan orang makan lebih banyak, menyebabkan mereka mendapatkan kembali semua berat badan yang awalnya hilang.

Jadi, apakah olahraga lebih penting daripada diet saat mencoba menurunkan berat badan? Jika diet saja tidak menyebabkan penurunan berat badan yang berkelanjutan, dapatkah olahraga saja membantu? Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, jawabannya adalah tidak.

Sebagai bagian dari penelitian, peneliti dari Arizona State University di Amerika Serikat meminta 81 wanita yang kelebihan berat badan untuk berpartisipasi dalam program olahraga. Selama studi tiga bulan, peserta diminta berolahraga di atas treadmill tiga kali seminggu, namun kebiasaan makan mereka tidak dipantau.

Tiga bulan kemudian, 70 persen peserta bertambah berat badannya selama program, bahkan saat mereka meningkatkan aktivitasnya. Meskipun penelitian ini tidak dapat menunjukkan dengan tepat alasan kenaikan berat badan, para peneliti percaya bahwa peserta yang menambah berat badan makan lebih banyak dan meningkatkan asupan kalori mereka. Ini karena para peserta merasa cukup membakar kalori dari latihan untuk membenarkan makanan tambahan. Oleh karena itu, diet dan olahraga sama pentingnya dan tidak dapat dipisahkan. Pembatasan kalori dan olahraga teratur dalam jangka panjang adalah cara paling aman dan berkelanjutan untuk menurunkan berat badan.

Hal itupun harus dibarengi dengan pengeluaran energi dan asupan kalori, buat pilihan makanan yang baik dan pilih olahraga yang sesuai ya, Brosist!

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.