Batuk merupakan penyakit yang mudah terjadi pada saat tubuh sedang lemah. Beberapa penyebab batuk ini adalah alergi, infeksi virus atau bakteri atau asam lambung. Batuk biasanya berupa batuk berlendir atau batuk kering. Beberapa orang membutuhkan penekan batuk untuk meredakan tenggorokan gatal dan memperbaiki gejala penyakit. Dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa tanaman herbal yang bisa digunakan sebagai obat batuk alami:

Jeruk Nipis

Tanaman obat dan manfaatnya Seri 1 (2014) Publikasi, Dr. H. Arief Hariana, Beberapa zat kimia yang terdapat pada Jeruk Nipis, antara lain Asam Sitrat hingga 7-7,6 persen, Fatty Resin, Mineral, Vitamin B1, Citral Limonene, Fellandren, Citron Camphor , Geranyl Acetate, kadin dan linelin asetat. Selain itu, jeruk nipis dapat mengandung vitamin C hingga 27 mg / 100 g jeruk, kalsium hingga 40 mg / 100 g jeruk, dan fosfor hingga 22 mg. Karena kandungannya, jeruk nipis dikatakan memiliki efek farmakologis sebagai antipiretik, antiradang, antibakteri, dan penekan batuk. Jahe
Jahe juga memiliki sifat menghangatkan dan menyegarkan, menjadikannya obat yang sangat berguna untuk masuk angin. Untuk mendapatkan khasiat tersebut, jahe hanya perlu dikonsumsi dengan menyiapkan minuman panas. Jahe tidak hanya dapat mengobati batuk, tetapi juga mengandung senyawa bioaktif yang dapat membantu mencegah gangguan pencernaan dan mual.

Kunyit

Menurut buku Tanaman Obat Influenza (2004), dr. Herti Maryani & Lusi Kristiana, Apt., rimpang kunyit mengandung 3-5 persen minyak atsiri (turmeron, semen dan artumeron), kurkumin, pati, tanin dan resin. Kandungan kurkumin dan minyak atsirinya dapat efektif membunuh bakteri (bakterisida) dan mengobati pembengkakan. Selain itu, senyawa ini efektif mengurangi kontraksi usus, sehingga dapat mencegah diare dan memperlancar keluarnya empedu. Dalam bentuknya sendiri, kunyit sering digunakan sebagai pereda batuk dan antispasmodik. Rimpang kunyit bahkan berkhasiat sebagai obat demam, obat sesak napas, dan obat rhinitis. Bubuk kunyit dapat digunakan untuk mengobati batuk dengan terlebih dahulu mencampurkannya dengan susu hangat. Ramuan ini bisa diminum sebelum tidur.

Bawang Putih

Buku Raje Airey 50 Rahasia Alami untuk Menghilangkan Gejala Batuk (2005) diterbitkan. Bawang putih dapat bertindak sebagai antiseptik dan antivirus yang kuat dan sangat baik bila dikombinasikan dengan madu. Kombinasi kedua bahan makanan ini dapat digunakan untuk membuat sirup yang berguna untuk mencegah dan mengobati gejala pilek dan flu. Ambil 15 ml atau 1 sendok makan campuran bawang putih dan madu tiga kali sehari untuk mencegah atau mengobati gejala pertama masuk angin. Campuran ini akan disimpan di lemari es selama 2-3 minggu. pegagan

Daun Pegagan

Daun ini mengandung alkaloid, saponin, flavonoid dan polifenol. Berdasarkan kandungannya, daun pegagan dipercaya berkhasiat sebagai peluruh kencing, sariawan, penurun panas, penambah nafsu makan dan obat batuk kering.

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.