Seseorang membutuhkan sekitar 6-8 jam tidur per malam. Waktu tidur ini berguna untuk memulihkan energi setelah beraktivitas seharian.

Banyak orang kemudian memilih obat tidur untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Namun ternyata ada cara yang enak dan mudah untuk mengatasi insomnia yaitu dengan bantuan makanan. Setidaknya ada 3 makanan yang bisa membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Apa saja sih?


Ceri adalah satu-satunya makanan alami yang kaya akan melatonin. Melatonin sendiri merupakan zat yang dapat membuat jam internal tubuh tertidur. Sebuah studi yang dikutip oleh Health.com menemukan bahwa minum jus ceri sedikit meningkatkan kualitas dan durasi tidur pada orang dewasa dengan insomnia kronis.


Sejak lama diyakini bahwa buah kuning ini mengatasi insomnia. Pendapat ini bukanlah mitos. Padahal, kandungan gizi pisang membuat lebih mudah tertidur. Untuk meringkas LiveStrong, pisang mengandung kalium, magnesium, triptofan, dan melatonin. Zat-zat tersebut diketahui dapat merilekskan tubuh dan memudahkan untuk tertidur. Itu sebabnya pisang sering disebut “pil tidur”.


Mungkin Anda memiliki kenangan masa kecil tentang ibuyang membuatkan segelas susu hangat sebelum tidur. Ya, susu hangat memang sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan yang membantu kita tertidur. Singkatnya, menurut Web MD, susu mengandung triptofan yang meningkatkan kualitas tidur. Triptofan ini menyebabkan hormon serotonin meningkat, yang akhirnya membuat Anda mengantuk.