Kunci makan sehat agar terhindar dari kembung dan berbagai penyakit sebenarnya bisa dilakukan dengan cukup mudah. Namun, masih banyak orang yang beranggapan bahwa makan sehat berarti mengikuti diet ketat, misalnya. B. Kurangi porsi dan hindari makanan kesukaan untuk menurunkan berat badan. Padahal, pola makan sehat memiliki satu tujuan, agar tubuh tetap terasa enak dan memiliki energi lebih untuk berbagai aktivitas sehari-hari.

Dr. Dalam bukunya, Samuel Oetoro menawarkan kisi-kisi empat kunci pola makan sehat. Ada empat J makan sehat yang bisa diterapkan siapa saja dalam kehidupan sehari-hari. Empat “J’s”, yaitu:

Jumlah

Jumlah makanan yang dimakan harus sesuai kebutuhan, tidak lebih, tidak kurang. Bagi orang yang kelebihan berat badan yang ingin mengurangi porsi makannya, caranya adalah dengan mengurangi ¼ dari kebiasaan makannya sebelumnya. Sedangkan jika ingin menambah berat badan, tambahkan juga ¼ porsi dari kebiasaan makan sebelumnya.

Jadwal per jam

Kecuali dalam keadaan tertentu, menu harus terdiri dari tiga kali makan besar. Bagi penderita diabetes, rencana makan dapat ditingkatkan menjadi 5-6 kali sehari dengan porsi yang disepakati. Saat Anda membutuhkan selingan, pilihlah camilan sehat.

Jenis

Jenis makanan atau menu harus bervariasi dan bergizi. Di antara makanan tersebut pasti ada nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu:
Karbohidrat Protein Lemak Vitamin Mineral

Jurus Masak

Kunci terakhir untuk makan sehat adalah memperhatikan teknik memasak. Pola makan yang sehat tidak hanya didukung oleh jenis makanannya, tetapi juga dari cara pembuatan dan pengolahannya. Saat Anda menyiapkan makanan dengan mencampurkan terlalu banyak garam, perasa buatan (MSG), gula, atau makanan olahan, hal itu menurunkan kandungan kesehatan makanan tersebut.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.