Menurut penelitian, manfaat buah jeruk nipis mungkin lebih dari sekedar bahan makanan atau minuman. Jeruk nipis telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Menurut buku 100 Top Tanaman Obat Indonesia yang diterbitkan pada tahun 2011 oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan (B2P2TOOT) Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT), buah jeruk nipis terbukti mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Karena kandungan gizi tersebut, buah jeruk nipis dipercaya memiliki manfaat atau khasiat kesehatan sebagai berikut: antitusif, antipiretik, nyeri rematik mengurangi peningkatan kolesterol dan trigliserida.

Efek Samping Jeruk Nipis

Dalam Ancaman di Balik Buah & Sayuran Segar (2013) oleh Nunung Nurjanah, S.P., M.Si. & Nur Ihsan, tidak hanya mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga beberapa bahan aktif seperti synephrine dan octopamine. Jeruk nipis juga mengandung pektin dan flavonoid seperti limonene, hesperidin, neohesperidin, naringin dan tangeretin. Bahan aktif tersebut tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga dapat memberikan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Serat pektin merupakan salah satu zat dalam jeruk nipis yang dapat berperan dalam penurunan berat badan. Serat ini membantu mengurangi rasa lapar sehingga dapat menahan keinginan makan dengan gangguan. Pektin juga dapat menstabilkan gula darah dan insulin serta menurunkan kolesterol. Namun faktanya, hanya ada sedikit bukti bahwa kandungan dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif. Ini karena mekanisme ini hanya dapat dicapai pada dosis tinggi. Namun, adanya zat aktif terutama synephrine juga dapat menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan tubuh jika kalsium dimasukkan dalam dosis tinggi. Synephrine memiliki struktur kimia yang sama dengan epinephrine. Meskipun tidak ada efek samping yang diamati setelah mengonsumsi limun, pada manusia synephrine dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan mempengaruhi jantung dan pembuluh darah.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.