Penyebab ketidakseimbangan hormon bisa berupa gangguan endokrin, stres atau efek terapi hormon. Orang dengan kondisi ini harus menemui dokter untuk menyeimbangkan hormon mereka. Apalagi jika kondisi ini menimbulkan rasa nyeri, tidak nyaman atau mengganggu aktivitas sehari-hari. Pengobatan dengan hormon tidak seimbang Pengobatan dengan hormon tidak seimbang harus disesuaikan dengan akar penyebab dan gejalanya. Berikut beberapa perawatannya:

Terapi Estrogen

Menurut laporan Healthline, terapi estrogen dosis rendah biasanya direkomendasikan untuk wanita yang mengalami gejala menopause seperti hot flashes, vagina kering, atau ketidaknyamanan yang tidak nyaman. Untuk kekeringan vagina atau nyeri saat berhubungan seks, dokter terkadang merekomendasikan terapi estrogen topikal dengan mengoleskan krim, minum pil, atau cincin estrogen.

Terapi Testosteron

Untuk menyeimbangkan hormon testosteron yang terlalu rendah untuk menunda pubertas, dokter biasanya menyarankan pasien untuk mengonsumsi suplemen testosteron. Terapi testosteron dapat diberikan sebagai suntikan, tambalan atau gel.

Terapi hormon lainnya

Untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon akibat hipotiroidisme, dokter biasanya menyeimbangkan kadar hormon tersebut dengan terapi hormon tiroid sintetik. Untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon akibat PCOS, dokter biasanya merekomendasikan obat diabetes atau terapi antiandrogen.

Pengendalian Berat Badan

Menyeimbangkan hormon lain yang tidak seimbang juga membutuhkan menjaga berat badan ideal. Dengan berat badan yang lebih ideal, menstruasi bisa lebih teratur, kemungkinan hamil meningkat, dan disfungsi ereksi menghilang.

Ikuti Diet Sehat

Anda dapat mengobati hormon yang tidak seimbang secara alami dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Pastikan Anda makan makanan yang lengkap dan seimbang setiap hari. Pastikan seperempat piring Anda adalah sayuran, seperempat lainnya adalah buah, dan setengah lainnya adalah makanan pokok seperti nasi dan lauk pauk. Hindari semua jenis makanan dengan kalori dan lemak tidak sehat, seperti: B. daging berlemak, gorengan, pengawet, makanan siap saji atau makanan atau minuman manis.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.