Lari zig zag merupakan teknik yang unik yang sering digunakan oleh atlet dan pelari untuk melatih kelincahan. Olahraga kardio ini mengandalkan kemampuan mengubah arah tubuh dengan tepat saat berlari.

Apa itu lari zig zag?

Lari zig zag adalah sebuah teknik lari yang melibatkan gerakan lari berbelok-belok secara cepat dengan pola zig zag. Tingkat kesulitan lari berbelok-belok memang lebih tinggi dibandingkan joging atau berlari dengan lurus.

Namun, teknik lari ini bisa membantu meningkatkan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan sekaligus melatih keseimbangan tubuh. Sebelum mencoba, Anda perlu tahu dulu bagaimana teknik dasar yang benar untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Cara melakukan lari zig zag

Lari zig zag termasuk dalam pliometrik, yaitu olahraga yang mengharuskan tubuh bergerak aktif dan melibatkan lompatan. Untuk mengurangi risiko cedera, ada baiknya mempelajari gerakan pliometrik dasar, misalnya squat jump.

Setelah itu, Anda bisa berlari zig-zag dengan cara berikut ini.

  1. Atur posisi tubuh menjadi tegap dengan pandangan ke depan.
  2. Pastikan bahu rileks dan lengan berada di posisi yang nyaman.
  3. Mulai dengan berlari lurus ke depan dan kemudian belok kanan atau ke kiri dengan sudut yang tajam.
  4. Ubah arah dengan belok ke arah yang berlawanan setelah beberapa langkah.
  5. Pastikan langkah tetap pendek dan cepat untuk mempertahankan kecepatan.

 

Manfaat lari zig zag untuk kesehatan

Mempersiapkan tubuh untuk olahraga yang lebih baik

Berlari zig zag melibatkan pergerakan maju, mundur, menyamping, dan diagonal.

Dengan begitu, teknik lari ini dapat melatih Anda untuk lebih siap menghadapi situasi serupa saat berolahraga atau bertanding.

Meningkatkan kelincahan dan kecepatan

Teknik zig zag ternyata juga bermanfaat untuk meningkatkan kelincahan dan kecepatan. Pasalnya, teknik ini membutuhkan ketepatan dalam mengubah arah secara cepat dan responsif.

 

itulah manfaat dan teknik dari latihan zig zag agar kalian tidak bingung lagi untuk memulai olahraga. Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan gear yang sesuai untuk lari. Untuk itu lo bisa langsung cek aja startinglane.co.id