Sis, walaupun sedang hamil atau berbadan dua, bukan berarti kakak tidak berolahraga ya. Ternyata olahraga ibu hamil muda itu sangat diperhatikan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Karena pengawasan yang teratur selama kehamilan dapat memperbaiki postur tubuh dan mengurangi beberapa yang sering ketika hamil, seperti sakit punggung bagian belakang dan panas.

Pada aktual, aktivitas fisik yang dilakukan ketika berolahraga juga dapat membantu saudari terhindar dari penyakit diabetes gestasional (diabetes yang muncul saat kehamilan), menghilangkan stres, dan membangun lebih banyak stamina yang dibutuhkan untuk persalinan.

Ncr sister tidak perlu khawatir ketika akan berolahraga pada saat hamil muda, karena yang terpenting adalah memperhatikan batas energi pada tubuh dan menjaga tubuh agar terhindar dari benturan atau terjatuh. Berikut ini kami rangkum 5 Olahraga yang baik dan aman untuk ibu hamil muda:

  1. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga terbaik dan teraman untuk dilakukan ketika ncr sister sedang mengandung atau hamil muda. Karena olahraga ini bisa membangun kekuatan dan keseimbangan pada tubuh, pengawasan otot pada tubuh tetap lentur, mengurangi tekanan darah, dan yang terpenting adalah melatih pola pernapasan untuk menghadapi proses persalinan nanti.

   

Pada yoga, beberapa gerakan dan peringkat yang harus dihindari ketika sedang hamil, yaitu:

A. Backbends B. Pose yang memutar perut C. Berbaring terlentan D. Bikram atau yoga “panas” E. Posisi apapun dimana letak kaki berada diatas kepala




Tidak perlu lama untuk melatih adik perempuan berolahraga Yoga selama hamil muda, cukup dengan 30 menit sehari sudah bagus untuk kesehatan kakak perempuan ncr.

  1. Jogging

Olahraga lain yang paling aman dilakukan oleh ibu hamil muda adalah Jogging. Tentunya dengan kecepatan yang nyaman dan tak terkalahkan dengan kemampuan kakak beradik.

Jogging dapat membantu membangun stamina, membantu aliran darah, dan membantu melatih pernafasan. Jogging dapat dilakukan sekitar tiga minggu sekali. Ncr sister sudah sering melakukan olahraga ini sebelum hamil. 

  1. Pilates

Pilates dapat membantu saudara perempuan dalam mengatasi masalah yang kerap datang selama kehamilan, yaitu keseimbangan tubuh dan nyeri punggung bawah.

Olahraga ini dapat membangun otot dengan memberikan peralatan dan latihan di lantai. Fokus pertama adalah untuk membangun kekuatan, dan selanjutya untuk kekuatan dan keseimbangan tubuh. 

Ada beberapa gerakan atau pose yang harus dihindari saudari yang sedang hamil lumpur yang berbaring serta memutar bagian tengah tubuh. Pilates untuk ibu hamil muda dapat dilakukan sekali seminggu yang akan membantu membangun kekuatan dan keseimbangan pada tubuh ketika mengandung.

  1. Berjalan

Berjalan merupakan salah satu olahraga yang sangat mendukung ncr sister yang sedang hamil muda. Olahraga membuat tubuh bergerak secara teratur dan membantun kekuatan tubuh.

Berjalan dapat dilakukan selama kurang lebih 10 menit per hari, kemudian ditambah intensitasnya menjadi 3 hingga 5 kali dalam minggu. Namun harus tetap berhati hati dalam berjalan, hindari trotoar yang rusak atau berbatu dan selalu didampingi suami ya sister.

  1. Berenang 

Berenang olahraga yang dapat dilakukan secara teratur di masa kehamilan. Gemercik air yang menenangkan dapat membantu relaksasi tubuh ketika berada di kolam renang. Olahraga ini tentu sangat minim risiko dan mudah dilakukan.

Adik cepat berenang selama 3 sampai 5 kali dalam satu minggu, intensitas waktu selama kurang lebih 30 menit setiap kali berenang. Seperti semua olahraga untuk ibu hamil muda, sister harus menghindari gerakan yang memutar-mutar tubuh bagian tengah.

Bila ncr merasakan kondisi dibawah ini ketika sedang berolahraga, istirahatlah dari kegiatan berolahraga:

  1. Suhu tubuh meningkat
  2. Dehidrasi
  3. Mengalami keputihan, pendarahan, atau sakit perut dan panggul.
  4. Mual.

Jangan lupa untuk didampingi suami tercinta atau keluarga ketika sedang berolahraga, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan ya. 

Itu dia beberapa pilihan olahraga yang aman untuk Ibu Hamil muda, lengkapi kebutuhan olahraga Sisters dengan klik text ini ya! ***