Bersepeda adalah salah satu kegiatan olahraga yang menggunakan salah satu alat transportasi darat yaitu sepeda. Sepeda pertama kali diperkenalkan pada abad ke-19 Masehi.

Banyak pesepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya perbukitan, medan yang terjal atau sekedar berkeliling kota saja.

Kalau brosist yang hobi gowes, pasti sering ngerasa pegel di bagian punggung, pinggang, dan kaki setelah berspeda. Apalagi kalau gowes dengan rute yang jauh, pasti terasa lelah. Tapi, kalau brosist gowes dengan jarak yang cukup dengan waktu relatif singkat dan ngerasa pegal juga, berarti ada yang salah dengan posisi bersepedanya.


Beberapa kesahalan umum dilakukan oleh goweser adalah dengan tidak mengatur sepeda sesuai dengan postur dan bentuk tubuh yang dimiliki. Biar gak salah dan capek lagi gowes walau dengan ruter yang pendek, simak tips posisi bersepeda yang baik dan benar dibawah ini:

1. Posisi Kepala

Pastikan posisi kepala mengikuti alur tulang belakang yang terbentuk dari lengkungan punggung brosist. Arahkan pandangan menuju kedepan mengikuti arah lintasan dan lurus dengan ban sepeda depan. Usahakan tulang leher dalam keadaan rileks.

2. Posisis Tangan

Untuk mengurangi beban pada bahu dan punggung, letakan tangan pada pengait rem. Posisikan telapak tangan pada handle atau remย sekaligus. Tetap rileks dan siaga selalu.

3. Posisi Punggung

Posisikan punggung dengan bungkuk untuk memperoleh kecepatan yang maksimal. Apabila sedang menaiki tanjakan lebih baik membungkuk untuk mencari kecepatan. Sebaliknya, ketika berada di medan yang turun lebih baik punggung dalam posisi tegak.

4. Posisi Kaki

Paspikan posisi kaki dengan pedal sepeda, kalau satu pedal sedang mengayuh di atas dan satu pedal berada di bawah, maka mata kaki lebih baik di tekuk. Gunakan pangkal jari atau bagian depan telapak kaki saat mengayuh sepeda, karena dapat menambah energi pada kaki.

Meskipun beberapa diantara brosist udah pada ngerti atau bahkan pro bersepeda, ada baiknya perhatikan setiap bagian posisi tubuh ketika sedang mengayuh.
Jangan lupa lengkapi kebutuhan olahraga brosist denganย klikย text iniย yaaa!***


Rezkyanto Pramadhika

๐’๐ก๐จ๐ž๐ฌ ๐’๐ฉ๐ž๐š๐ค ๐‹๐จ๐ฎ๐๐ž๐ซ ๐“๐ก๐š๐ง ๐–๐จ๐ซ๐๐ฌ