Buat brosist yang hobi main basket, pernah nggak memperhatikan sepatu basket yang dipakai oleh para pemain basket NBA? Kalau di lihat-lihat hampir semua sepatu basket yang dipakai oleh para pemain di NBA dibuat dengan desain yang sangat mewah dan berbeda dengan jenis sepatu lainnya.

Bukan soal kemewahan, ternyata pemilihan sepatu basket yang tepat bisa mencerminkan kepribadian dari pada penggunanya, salah satunya seperti gaya permainan saat di lapangan. Sudah bukan rasahasia umum lagi untuk memahami cara memilih sepatu basket yang tepat menjadi hal yang tidak bisa di pandang sebelah mata ya brosist.

Para pemain basket sejati itu memiiliki daya jelajah tinggi di lapangan yang tergolong kecil kalau dibandingkan dengan lapangan sepakbola misalnya. Nah, karena itulah kaki mengalami tekanan yang tidak sedikit. Hal tersebut yang menjadi perhatian para pemain basket, khususnya untuk menghindari gampang terkena cedera kaki.

Jadi kemewahan dan branding itu emang sudah pasti. Tapi soal kenyamanan dan keamanan kaki menjadi faktor utama. Itulah mengapa, hanya anak basket sejati yang mengerti akan hal-hal seperti ini, karena emang pernah merasakan langsung.

Kalau brosist ngaku sebagai anak basket sejati, pasti tau dong cara dan tips memilih sepatu basket tepat itu seperti apa? Biar makin lengkap pengetahuannya simak tips dibawah ini ya:

1. Pastikan Ukuran Kaki Sebelum Membeli

Meski terlihat sepele, tapi mengukur ukuran kaki adalah hal yang paling penting sebelum memilih sepatu. Brosist bisa coba mengukur panjang kaki dari ujung jari paling panjang sampai tumit paling belakang. Mengetahui ukuran dan bentuk kaki sangat membantu untuk menentukan sepatu basket yang pas.

2. Pehatikan Ketinggian Upper

Sepatu basket sendiri dapat dibedakan ke dalam tiga tipe upper: High Top, Mid-Top, dan Low Top. Tipe upper ini ditentukan oleh gaya permainan dan pilihan. Berikut ini penjelasan tiap tipe uppernya:

High Top: Upper dengan katergori high biasanya memiliki ciri khas yaitu melindungi bagian engkel, dan juga paling mempunyai stabilitias yang bagus. Akan tetapi, karena materialnya lebih banyak dari tipe lainnya, model ini memiliki bobot yang lebih berat.

Mid-Top: Model ini mempunyai tinggi hanya sebatas angkel, selain itu saat menggunakan sepatu basket jenis ini bisa menambah kelincahkan saat bermain dan bobot sepatu basket ini lebih ringan dari model High Top.

Low Top: Model upper ini memiliki keuntungan bobot yang paling ringan diantara model upper lainnya. Sepatu basket ini sangat membantu untuk permainan yang lincah dan cepat dilapangan. Tapi, sepatu ini tidak banyak memberikan perlindungan terhadap ankle.

3. Ketahui Jenis Permainan Basketmu

Tipe permainan apakah brosist? Apakah brosist adalah tipe pemain yang suka cutting and slashing dengan mengandalkan kecepatan dan kelincahan? Atau apakah brosist adalah tipe pemain yang suka post-up/beradu badan dengan pemain-pemain big man? Nah, menentukan tipe permainan adalah salah satu kunci dalam menentupkan sepatu basket yang tepat untuk dipakai.

Berikut ini adalah tipe permainan yang paling umum dan tipe sepatu basket yang paling tepat untuk mendukung tipe permainan:

A. Power Player, secara umum tipe permainan ini adalah yang paling banyak mengandalkan post-up, beradu badan di area low post adalah yang biasa untuk tipe ini. Karena tipe permainan ini, seorang power player membutuhkan sepatu dengan stabilitis dan perlindungan extra. Oleh karena itu, sepatu basket yang paling tepat untuk digunakan adalah High Top atau Mid Top.

B All Around Player, tipe permainan ini mengkombinasikan setiap aspek dalam pertandingan, baik itu post-up, slashing/cutting. Oleh karena itu, tipe permainan seperti ini membutuhkan dukungan sepatu dengan kelenturan dan perlindungan yang baik. Mid Top adalah sepatu basket yang tepat untuk pemain tipe ini.

C. Speedster, pemain ini biasanya memiliki karakter bermain yang cepat mengandalkan kelincahan dan kecepatan dilapangan. Mereka tidak ingin adanya berat tambahan apda sepatu basket yang digunakan, oleh karena itu Low Top adalah sepatu basket yang paling cocok mereka pakai.

4. Utamakan Kualitas Daripada Penampilan

Memilih sepatu basket yang tepat adalah dengan tidak mengutamakan penampilan. Apalagi memilih hanya soal warna dan karena alasan dipakai oleh pemain idola. Tidak ada salahnya kalau hal tersebut ternyata cocok dengan penampilanmu. Tapi, alangkah lebih baiknya mencari sepatu basket yang tepat yang dapat memberikan kenyamanan dan kemanan kepada penggunananya, daripada hanya soal gayanya saja.

5. Sesuaikan Dengan Budget

Meski berbagai tips memilih sepatu basket yang tepat di atas penting untuk diperhatikan, namun bukan berarti harus memilih sepatu basket dengan harga yang fantastis. Bahkan sepatu dengan kriteria di atas juga bisa brosist dapatkan dengan harga yang cukup affordable. Salah satu cara mendapatkan sepatu basket yang tepat dengan harga affordable adalah dengan mencari diskon di bulan-bulan tertentu seperti awal tahun atau saat hari raya.

Biar gak salah beli sepatu basket, brosist bisa klikĀ text ini untuk pilihan sepatu basket yang lengkap yaaa!*