Memilih sepatu basket bisa dibilang gampang-gampang susah nih brosist. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum mebeli sepatu basket. Jenis atau arena lapanga basket menjadi salah satu faktor penting yang harus di pertimbangkan.

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan adalah jenis lapangan basket, dalam ruangan (indoor) atau luar ruangan (outdoor). Pertimbangan ini sering diabaikan oleh para pemain basket terutama mereka yang baru mencoba olahraga basket, padahal hal ini sangat krusial loh!

Arena outdoor atau indoor memiliki karakter tersendiri yang wajib disesuaikan dengan tipe sepatu basket. Nah, ini dia beberapa hal yang perlu diingat dan dicermati dalam mencari sepatu basket yang tepat untuk arena indoor dan outdoor. Simak baik-baik ya!

1. Jenis Karet Outsole

Karet outsole biasanya berasar dari material solid rubber atau translucent rubber (karet transparan). Kepadatan material dari karet menjadi unsur penting yang mempengaruhi perfomr perimanan pada masing-masing jenis arena. Sepatu basket dengan karet outsole lentur biasanya memiliki daya traksi yang lebih baik pada lapangan indoor, namun pada arena outdoor daya tahannya sangat buruk.

Untuk bermain basket di arena outdoor, lebih baik pilih sepatu basket dengan karet outsole berbentuk kaku dan keras dengan kepadatan yang lebih tebal. Cara mudah untuk mengetahui informasi karet outsole biasanya dilihat paga tag. Sepatu basket Nike biasanya memiliki karet yang extra padat dan mendapat tag ‘XDR’ (Extra Durable Rubber).

2. Pola Pada Karet Outsole

Sepatu basket yang berdaya tahan lama biasanya memiliki pola karet outsole yang datar dan lebih tebal. Jenis sepatu basket inilah yang cocok untuk digunakan pada arena outdoor. Arena outdoor biasanya memiliki tekstur permukaan yang keras dan kasar.

Sedangkan untuk karet outsle berpola agresif dan lancip cocok untuk permainan basket di lapangan kayu (indoor) karena memiliki dya tarik yang lebih baik. Kalau sepatu basket dengan jenis karet ini dikenakan pada lapangan outdoor, pola dan tekstur karet nya bisa cepat menipis bahkan rusak.

3. Ventilasi Sepatu

Jika mencari sepatu basket untuk bermain dilapangan outdoor, brosist baiknya pilih sepatu basket yang dilengkapi dengan sistem ventilasi yang baik. Saat bermain basket di arena outdoor, otomatis suhu udara akan lebih ekstrem daripada di dalam ruangan. Sepatu basket dengan sistem ventilasi yang baik akan membuat sirkulasi udara dan suhu dalam sepatu lebih stabil.

4. Material Sepatu

Material sepatu menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatian ketika memilih sepatu basket sesuai dengan jenis lapangannya. Bagian upper sepatu basket adalah fokus utama, materialnya harus dipastikan berdaya tahan lama maksimal untuk mendukung performa yang maksimal dalam permainan. Biasanya sepatu basket yang menggunakan bahan plastik atau synthethic leather memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan bahan lainnya. Sepatu basket berbahan seperti itulah yang biasanya cocok digunakan di arena outdoor.

Sedangkan sepatu basket berbahan baku alami (seperti kulit atau suede) biasanya tidak memiliki daya tahan yang prima. Sepatu basket berbahan kulit atau suede ini cocok digunakan untuk bermain di arena indoor.

5. Cuhsion atau Bantalan

Walau bagian yang satu ini sering terlewatkan dalam memilih sepatu basket yang cocok untuk arena outdoor, atau indoor, tetapi cushion atau bantalan menjadi aspek yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sepatu basket.

Saat bermain di luar ruangan permukaan cenderung solid, jadi alangkah baiknya pastikan dulu sepatu basket yang dipakai memiliki bantalan yang nyaman dan layak agar lutut tidak cepat ngilu dan cedera. Setiap orang memiliki preferensi dalam memilih bantalan sepatu basket, jadi apapun pilihannya pastikan sepatu basket yang brosist pilih cocok dengan tempat bermainnya ya.

Brosist bisa dapatkan sepatu untuk arena indoor maupun outdoor dengan klik text ini ya!***