Cedera engkel atau pergelangan kaki sangat umum terjadi terutama bagi brosist yang hobi olahraga seperti bermain basket. Sebagian besar cedera engkel bersifat ringan dan dapat sembuh sendiri dengan penanganan di rumah. Tetapi jika cedera engkel cukup parah hingga bisa membatasi aktivitas brosist sehari-hari, kondisi ini perlu diperiksakan ke dokter.

Cedera engkel atau ankle sprain biasanya membuat area di sekitar pergelangan kaki mengalali pembengkakan. Cedera engkel umumnya terjadi ketika pergelangan kaki bergerak ke posisi yang salah secara tiba-tiba, hal ini sering terjadi ketika terjatuh atau terkilir pada saat berolahraga.

Nah biar brosist terhindar dari cedera engkel saat berolahraga basket, NCR Sport udah siapin beberapa cara mencegah dan mengatasi cedera engkel. Lets check this out!

1. Gunakan Sepatu Basket Versi High Cut

Sepatu basket versi High Cut rata-rata memiliki ankle support yang menjaga kaki agar tidak rentan terkena cedera engkel. Jadi, ketika brosist terjatuh atau salah posisi mendarat, engkel kaki akan tetap terjaga dan terhindar dari cedera karena disupport oleh bantalan sepatu di sekitar area ankle.

2. Gunakan Ankle Support

Dengan mengencangkan pergelangan kaki menggunakan ankle support, beban impak atau kejutan dapat diredakan. Selain itu, penggunaan ankle support juga dapat mencegah pergelangan kaki yang terpelintir saat kaki menginjak tanah.

Ankel support dapat membantu menjaga engkel kaki ketika brosist sedang menggunakan sepatu basket dengan tipe Low Cut (sepatu basket yang sering menimbulkan cedera engkel).

3. Lakukan Pemasan Sebelum Bermain

Setelah sebelumnya memilih sepatu basket yang pas dan menggunakan ankle support untuk bermain, kini waktunya brosist melakukan pemanasan. Pemanasan dalam olahraga sangat penting dan diperlukan agar otot-otot tidak tegang ketika sedang bermain. Otot yang tegang membuat engkel rentan terkena cedera saat jatuh atau mendarat tidak pas di permukaan lapangan basket.

4. Pemulihan dengan Metode R.I.C.E

Metode R.I.CE merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi cedera engkel kaki. Ada empaat langkah dalam metode ini yang harus dilakukan, yaitu beristirahat (rest) dari aktivitas sehari-hari, mengompres dengan es (ice), memberikan tekanan (compression), serta mengangkat kaki (elevation).

Berikut ini langkah-langkah pemulihan cedera engkel dengan metode R.I.C.E:

A. Rest (beristirahat)

Di langkah cara mengatasi cedera engkel kaki ini, brosist wajib mengistirahatkan kaki dan berhati-hari dalam melakukan aktivitas ringan maupun berat. Langkah ini penting dilakukan agar peradangan tidak bertambah parah.

Brosist juga bisa menggunakan penopang kaki, seperti tongkat kruk atau brace, untuk memabntu pergelangangan kaki tidak bergeser selama masa pemulihan.

B. Ice (mengompress dengan es)

Salah satu langkah pertolongan pertama sebagai cara mengatasi cedera engkel kaki adalah dengan mengompresnya dengan es. Namun, brosist perlu berhati-hati untuk tidak menempelkan es langsung ke kulit.

Pengompresan tersebut akan memperlambat aliran darah tempat cedera engkel, yaitu pergelangan kaki. Hal ini dirasa dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi.

C. Compression (memberi tekanan)

Cara mengatasi cedera engkel kaki selanjutnya adalah dengan memberi tekanan atau kompresi yang dilakukan untuk mencegah pergelangan kaki banyak bergerak. Cara ini mampu mengurangi pembengkakan dengan cepat.

D. Elevation (mengangkat kaki)

Langkah terakhir yang dilakukan untuk mengatasi cedera engkel kaki adalah dengan mengangkat kaki dengan berhati-hati. Pastikan posisi kaki yang mengalami cedera angkle lebih tinggi dari jantung.

Hal ini bisa meringankan cedera engkel yang terjadi. Dengan demikian, aliran darah di bagian yang cedera bisa kembali lancar dan normal. Cara ini tergolong ampuh untuk meringankan pembengkakan.

Jadi, apakah cedera engkel bisa sembuh total? Jawabannya, bisa, selama brosist melakukan perawatan dengan benar dan sabar!

Agar terhindar cedera engkel saat bermain basket, brosist bisa klik text ini untuk pilihan sepatu basket High Cut dan beragam pilihan Ankle Support nya.***

 


Rezkyanto Pramadhika

𝐒𝐡𝐨𝐞𝐬 𝐒𝐩𝐞𝐚𝐤 𝐋𝐨𝐮𝐝𝐞𝐫 𝐓𝐡𝐚𝐧 𝐖𝐨𝐫𝐝𝐬