Cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) atau cedera ligamen lutut anterior adalah kerusakan atau robeknya ligamen lutut anterior. Ligamen lutut anterior sendiri merupakan jenis ligamen yang menghubungkan tulang paha bagian bawah dengan tulang kering untuk menjaga kestabilan lutut.

Cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) merupakan salah satu jenis cedera yang dianggap horror untuk para atlet, khususnya atlet basket. Jika cedera ACL ini tidak ditangani dengan serius, dampaknya akan sangat serius dan bahkan bisa membuat seorang atlet tersebut mengakhiri karir nya atau pensiun dari basket. Lalu seperti apa cedera ACL dan cara menanganinya? Lets check this out!

Mengenal dan Mengatasi Cedera ACL Pada Pemain Basket

APA ITU CEDERA ACL

ACL merupakan urat dalam sendi yang menjaga kestabilan sendi lutut. Cedera ACL biasanya sering dialami oleh para atlet, salah satunya adalah atlet basket. Cedera tersebut umumnya terjadi ketika seseorang ketika sedang berlari tiba-tiba berhenti, lalu berputar arah yang membuat lutut nya terpuntir dan mendarat dengan posisi yang salah, atau bisa juga karena posisi melompat dan mendarat yang tidak sempurna.

Penderita cedera ACL biasanya akan mendengar suara seperti “puff” pada saat ligamennya robek. Selain itu, ada beberapa gejala umum dan efek yang dirasakan apabila atlet basket menderita cedera ACL ini, diantaranya: sendi lutut sulit digerakkan dan terasa nyeri, lutut terasa sulit digerakkan dan diregangkan, kesulitan berjalan atau pincang ketika berjalan, dan lutut membengkat dengan cepat dalam 24 jam.

Mengenal dan Mengatasi Cedera ACL Pada Pemain Basket

HAL YANG BISA MEMBUAT CEDERA ACL PADA PEMAIN BASKET

Cedera ACL yang banyak menimpa para atlet baket biasanya terjadi ketika ACL menerima tekanan terlalu besar dari arah depan. Ketika cedera, ACL menjadi tidak sanggup menopang beban tersebut dan menyebabkan ligamen robek atau putus.

Cedera ACL sering terjadi ketika seorang atlet baket melakukan gerakan yang menimbulkan banyak tekanan pada lututnya. Gerakan-gerakan yang berisiko dapat menimbulkan cedera ACL diantaranya:

  • Bergerak dengan cepat lalu berhenti tiba-tiba.
  • Mengubah arah gerakan kaki dan lutut secara mendadak.
  • Melakukan peregangan lutut yang berlebihan.
  • Melakukan lompatan dan mendarat dengan posisi kaki yang tidak sempurna.
  • Mendapatkan tabrakan atau benturan di area lutut.

Mengenal dan Mengatasi Cedera ACL Pada Pemain Basket

PENANGANAN PERTAMA CEDERA ACL PADA PEMAIN BASKET

Bila cedera ACL yang dialami ringan, brosist dapat melakukan penanganan pertama. Tujujannya adalah untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak pada area yang mengalami cedera ACL. Brosist bisa melakukan langkah langkah dibawah ini untuk pertolongan pertamanya:

  • Beristirahat sejenak agar beban pada lutut berkurang.
  • Lakukan metode R.I.C.E (Rest, Ice, Compress, and Elevation).
  • Jangan sekali-kali memijat daerah yang terkena cedera.
  • Meminimalisir pergerakan di bagian yang terkenda cedera.

Mengenal dan Mengatasi Cedera ACL Pada Pemain Basket

PENGOBATAN CEDERA ACL UNTUK PEMAIN BASKET

Salah satu pengobatan yang paling ampuh untuk cedera ACL yang dialami oleh atlet basket adalah melalui jalur operasi. Hal ini bertujuan untuk mengganti otot ACL yang tidak bisa meregenerasi sendiri dan diperlukan operasi untuk mengganti jaringan otot tersebut. Biasanya jaringan otot ACL akan diganti oleh jaringan otot pada Hamstring, karena proses regenerasi jaringan otot Hamstring gyang terbilang cukup cepat.

Namun, jika cedera ACL yang diderita tidak terlalu parah, brosist bisa melakukan terapi untuk mengembalikan kekuatan otot yang terkena cedera tersebut dan membantu meregenerasi kemali otot yang cedera.

PENCEGAHAN CEDERA ACL UNTUK PEMAIN BASKET

Cara mencegah terkena cedera ACL untuk atlet basket sangatlah mudah. Brosist bisa melakukan cara-cara dibawah ini, agar terhindar dari cedera ACL ketika bermain basket. Cara-cara tersebut diantaranya:

  • Melakukan pemanasan dengan benar, terutama di bagian kaki. Bisa juga dengan meningkatkan kekuatan otot ligamen dengan latian yang rutin.
  • Menjaga berat badan agar tetap normal untuk dapat menstabilkan beban pada lutut.
  • Gunakan sepatu basket yang tepat, yaitu sesuai dengan ukuran kaki, bentuk lengkung telapak kaki, dan berat badan sehingga brosist nyaman dan aman ketika menggunakannya.

Mengenal dan Mengatasi Cedera ACL Pada Pemain Basket

Dalam banyak kassus, para atlet atau khususnya atlet basket bisa melakukan proses penyembuhan cedera ACL dalam enam bulan. Dan kemungkinan pulih dari cedera ACL itu sendiri bisa mencapai 90 persen dari sebelum mengalami cedera.

Untuk itu, jangan sampai salah memilih sepatu basket agar terhindar dari cedera ACL. Brosist bisa mendapatkan sepatu basket yang tepat dengan klik text ini.***