Kita sering sekali asal beli sepatu olahraga tanpa memahami kebutuhan kita saat berolahraga. Di dalam dunia sepatu olahraga sudah terkenal sekali dengan berbagai macam teknologi yang di aplikasikan pada suatu sepatu olahraga. Seperti contohnya, boost foam, react foam, air zoom, flyknit, dan lain-lain. Nah, teknologi-teknologi tersebut biasanya diaplikasikan pada bagian-bagian penting pada sepatu olahraga untuk menopang kebutuhan olahraga tertentu.

Jadi, ada apa saja sih bagian penting dari sepatu olahraga yang harus kita ketahui :

 

1. Upper (Bagian atas sepatu)

Flyknit material upper

Disetiap sepatu sudah dipastikan memiliki bagian ini. Bagian atas dari sepatu ini biasanya dipakaikan material-material yang bermacam-macam. Jika ingin memiliki sepatu olahraga yang cocok untuk kalian, hal ini menjadi salah satu yang tidak boleh kalian lewatkan karena berperan penting untuk menjaga keamanan kaki dan ankle kalian lho. Ada banyak sekali contoh material untuk atasan sepatu ini, salah satu yang sedang naik sekarang adalah Knit System, dimana seluruh bagian atas sepatu akan dirajut dengan bahan khusus yang sangat elastis sehingga membantu fleksibilitas kita untuk dapat bergerak kesana kemari lebih mudah. Atau bisa saja material lainnya seperti mesh, fabric, suede, canvas, kulit, dan lain-lain. Material tersebut akan dipakaikan pada sepatu sesuai dengan kebutuhannya. Pada kasus sepatu olahraga biasanya memakai material mesh atau Knit karena ringan serta elastis saat digunakan berolahraga.

 

2. Midsole (Sole bagian tengah)

Adidas boost midsole

Salah satu bagian yang sangat penting untuk kalian perhatikan saat memilih sepatu olahraga apapun. Karena bagian ini adalah bagian yang akan menopang seluruh beban tubuh kalian selama berolahraga, jadi semakin empuk dan responsif bagian midsole sepatu, maka ketahanan benturan ke tanah akan semakin berkurang dan dapat mengurangi resiko cedera pada bagian kaki kalian. Beberapa teknologi midsole yang sangat terkenal saat ini diantaranya adalah Nike ZoomX, Adidas Boost, Nike React, Asics GEL, Puma Nitro, dan New Balance Fresh Foam. Jadi, untuk kalian yang cenderung memiliki berat badan yang lebih berat, mimin sarankan untuk sangat memperhatikan bagian ini.

 

3. Outsole (Bagian sole yang langsung menyentuh ke permukaan tanah)

Continental outsole

Jika kalian tipe orang yang tidak suka mengganti-ganti sepatu olahraga kalian secara berkala atau cukup sering, maka kalian akan sangat perlu untuk memperhatikan bagian ini. Bagian outsole ini adalah yang akan membantu menjaga kestabilan dan keamanan kalian selama berolahraga agar tidak mudah tergelincir di berbagai macam jenis permukaan. Outsole adalah bagian paling rentan cepat hangus/aus pada sepatu. Jadi sebelum memilih sepatu pastikan dulu bahwa material yang digunakan pada outsole cukup kuat dan tahan lama jika kalian pakai hampir setiap hari.

Itu adalah bagian-bagian penting dari sepatu olahraga yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli sepatu olahraga ya. Udah ga takut salah beli sepatu olahraga lagi deh