Seperti yang kita sudah ketahui, Adidas adalah salah satu dari brand sneaker yang terpopuler di dunia. Saat trend sekarang mulai kembali merujuk ke sepatu sneaker, tentu saja produk Adidas menjadi salah satu incaran.

Permintaan sepatu sneaker, terutama dari remaja hingga orang dewasa jadi meningkat tajam. Hasilnya, ada yang memanfaatkan momen ini dengan membuat produk sneaker palsu. Tak terkecuali, salah satunya mereka memalsukan produk Adidas.

Bentuk yang sangat mirip, sampai sulit dibedakan, praktis yang membedakan keduanya hanya kualitas dan harga. Sepatu yang palsu, atau KW, tentu kualitasnya jauh di bawah yang asli. Harga produk KW juga jauh berbeda dan pastinya lebih murah.

Lebih parahnya lagi, kalau produk KW digunakan untuk menipu. Pedagang yang curang, menjual produk KW dengan harga yang tinggi. Hasilnya, pembeli rugi dua kali. Sudah membayar tinggi, yang didapat hanyalah produk KW.

Sekarang, mimin mau mencoba membantu btosist membedakan sepatu Adidas yang Ori dengan yang KW. Ingat ya, brosist harus benar-benar memperhatikan detail dari sepatu yang hendak dibeli. Berikut tips dari mimin :

Cek Kode Internasional pada Sepatu

Ini salah satu cara yang paling gampang untuk dilakukan pertama kali. Brosist bisa menganalisa dengan membandingkan sepatu Adidas yang asli dengan yang palsu. Perbedaan utama , setiap produk asli Adidas selalu ada kode internasional yang terdiri dari 6 digit, yang terdiri dari angka dan huruf. Huruf dalam susunan tersebut biasanya hanya ada satu dan berada di awal. Misalnya, G64903 atau V24414 dan lain-lain. Khusus untuk sepatu, biasanya huruf yang digunakan adalah G, Q, V dan U.

Kode angka internasional tersebut akan berada di tiga tempat, yakni kotak sepatu, label harga dan di dalam sepatu. Kalau jenis produk sendal, biasanya ditempelkan dalam bentuk stiker. Nah, kode yang terletak di tiga tempat itu harus sama. Kalau ada yang berbeda, tentu brosist bisa mencurigai produk tersebut.

Selain itu, setelah melihat kode internasional, brosist bisa melakukan pengecekan lanjutan hanya lewat google pencarian. Tinggal ketik “Sepatu Adidas” + kode yang brosist temukan, maka akan keluar sepatu yang di maksud.

Tag yang Terdapat di Box dan Sepatu Sama

Setelah melakukan pengecekan, ternyata kode tersebut benar, apakah sudah dipastikan bahwa produk yang brosist pegang saat ini Ori. Yes bisa jadi!

Tapi, sepertinya brosist masih harus melakukan penyelidikan menyeluruh. Sekarang, ada beberapa informasi yang berada di box luar, juga harus disamakan dengan informasi yang lo dapatkan dari pencarian google. Ada banyak jenis informasi mulai dari ukuran sepatu, deskripsi produk, nomor PO, kode batang (bar code) dan lain-lain.

Informasi yang didapatkan dengan informasi yang berada di box sepatu harus sama. Ada saja kemungkinan tidak sama, tapi bentuknya mungkin kekurangan satu atau dua huruf saja. Itu bisa dimaklumi karena mungkin disebabkan oleh keterbatasan jumlah huruf atau field-nya.

Informasi yang Terdapat di Sepatu dan Box Sama

Pengecekan selanjutnya adalah memeriksa di bagian dalam sepatu. Biasanya, ada data yang disablon di lidah sepatu, yang berupa informasi. Dari pandangan pertama, brosist  harus pastikan bahwa tidak ada huruf yang luber, atau miring dan kekurangan lainnya. Huruf yang tercetak harus benar-benar rapi.

Setelah itu, perhatikan data yang tertulis di lidah sepatu tersebut. Ada beberapa data seperti kode internasional, nomor PO, ukuran, gender dan negara pembuat sepatu. Informasi itu harus sama persis dengan apa yang di kotak sepatu, juga dari informasi yang brosist dapatkan di google.

Identitas Barcode Lidah Sepatu Kanan dan Kiri Beda

Ini salah satu cara Adidas untuk membedakan produk Ori dengan produk KW. Brosist harus tahu bahwa saat menemukan kode Barcode di lidah sepatu bagian belakang, ternyata sepatu kanan dan kiri memiliki kode yang berbeda. Perbedaannya hanya sedikit, biasanya hanya satu atau dua angka saja.

Kenapa sepatu kiri dan kanan dibedakan? Jawabannya adalah untuk membedakan dengan produk KW yang dibuat asal-asalan. Tentu saja produsen produk KW tidak punya cukup banyak waktu untuk membedakan nomor seri sepatu kiri dan kanan dari setiap pasang sepatu yang mereka buat bukan? Berbeda dengan Adidas yang terus menjaga kualitas, menciptakan pembeda yang sepertinya akan sulit ditiru oleh produk palsu.

Menggunakan Ukuran UK Bukan Euro

Ukuran yang digunakan adalah UK, karena Adidas adalah perusahaan yang menganut aturan ukuran UK. Meskipun demikian, brosist masih tetap bisa menemukan ukuran lain seperti ukuran Eropa (FR/F), China (CHN) dan lain-lain. Untuk sepatu Indonesia, penomoran yang dilakukan mengikuti aturan ukuran Eropa.

Bila nomor UK menggunakan skala 7, 7.5, 8 dan seterusnya, maka ukuran Eropa menggunakan skala 40, 41, 42 dan seterusnya. Perbedaan utamanya adalah metode ukuran UK menggunakan kenaikan 1/2 untuk setiap jenjang nomor. Sedangkan ukuran Eropa akan naik 2/3 ke setiap nomor. Dengan demikian, ada ukuran UK yang tidak ada di ukuran Euro.

Selain itu, masih untuk urusan ukuran, sepatu KW biasanya tidak punya ketepatan untuk ukuran. Nomor yang tertulis mungkin 41, tapi justru ukuran yang sesungguhnya adalah 43. Berbeda dengan sepatu original yang memiliki standarisasi produk.

 

Dengan mengikuti prosedur tersebut, brosist sudah bisa menghindari pembelian produk palsu. Namun sebetulnya brosist tidak perlu khawatir, karena kalau berbelanja di tempat yang terpercaya sudah pasti produk Original. Seperti berbelanja di ncrsport.com! Sepatu Adidas dijamin Ori deh!