Jika masih oke-oke saja dipakai setiap hari, lalu kapan waktu yang tepat untuk ganti sepatu lari? Tidak ada ukuran waktu yang tepat untuk mengganti sepatu lari. Selama sepatu belum rusak dan tidak menyebabkan rasa sakit saat berlari sebenarnya sah-sah saja untuk tetap memakainya.

Bisa dibilang, memiliki sepatu lari yang layak adalah investasi untuk melindungi dari cedera. Dari yang semula terasa tidak nyaman atau sakit setelah berlari, ganti sepatu lari bisa membawa perubahan signifikan.

Syarat ganti sepatu lari
Tentu kapan waktu yang tepat untuk ganti sepatu lari bisa berbeda-beda antara satu orang dan lainnya. Ini bergantung pada banyak hal, mulai dari frekuensi menggunakannya hingga medan yang dilewati.

Lalu, apa saja indikator yang bisa dijadikan panduan?

Jarak atau durasi

Para ahli sepakat bahwa waktu yang tepat untuk membeli sepatu lari baru adalah ketika sudah menempuh 450-800 kilometer. Namun, ada kalanya faktor jarak ini tidak masuk hitungan melainkan berpatokan pada durasi yaitu satu tahun.

Bahkan meski jarang dipakai, sebaiknya ganti sepatu setelah satu tahun. Sebab jika berpatokan pada jarak yang ditempuh, bagi orang yang jarang berlari tentu waktu hingga bertahun-tahun.

Sol menipis

Indikator yang satu ini sangat mudah dideteksi, yaitu ketika bagian sol sepatu telah menipis. Ini berarti sudah sering bergesekan dengan aspal atau frekuensi penggunaan cukup tinggi.

Tapi, jangan hanya melihat pada bagian sol saja. Bagian tumit sepatu juga bisa menjadi indikator intensitas penggunaan sepatu lari. Jika sudah waktunya ganti, akan ada buliran bahkan lubang di dalamnya.

Menariknya, sol yang telah menipis juga bisa menjadi petunjuk ketika seseorang merasakan cedera. Saat berkonsultasi dengan dokter, tunjukkan sepatu sehingga mereka yang ahli bisa merunut bagaimana cara berjalan atau berlari selama ini.

Sering terasa nyeri

Ketika Anda sudah memakai sepatu yang sama dalam periode cukup lama dan kerap merasa sakit, bisa jadi pemicunya adalah sepatu yang digunakan. Akan muncul rasa tidak nyaman dan nyeri ketika berlari.

Tak hanya itu, Anda juga akan merasa lebih cepat lelah. Ini adalah pengingat bahwa sudah saatnya ganti sepatu lari.

Tidak lagi menopang

Ada banyak sekali fitur pada sepatu lari yang menopang kaki penggunanya. Namun ketika sudah digunakan cukup lama dan tidak terasa menopang, maka saatnya diganti dengan yang baru.

Bandingkan dengan saat membeli sepatu baru. Akan ada sensasi tersendiri ketika fiturnya masih benar-benar prima. Ini terkait dengan bounce atau gaya pegas saat digunakan berjalan atau berlari.

Ini penting karena ketika bounce sudah berkurang, akan membuat postur tidak stabil. Parahnya lagi, kondisi ini bisa jadi awal terjadinya cedera.

Terasa tidak seimbang

Perhatikan juga tanda-tanda ketika sepatu terasa tidak seimbang. Bisa jadi, ini terkait dengan cara berjalan atau berlari yang perlu diperiksa lebih lanjut. Ketika berkonsultasi dengan pakarnya, mereka bisa merekomendasikan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.