Mungkin brosist yang gemar fitnes pernah merasakan Cedera saat nge-gym. Jika hal itu terjadi, saatnya brosist menelisik lagi gerakan latihannya.

Metode dan postur tubuh memainkan peran penting saat di gym. Salah posisi bisa menjadi penyebab sakit dan nyeri otot. Inilah beberapa tips untuk mencegah dan mengobati cedera saat olahraga di gym.


Berhenti menghentak

Hentikan menghentak yang berat, ini hanya menyebabkan cedera dan tidak akan memberikan efek pada otot. Brosist bisa cara James Bond, bergerak dengan mulus untuk mendapatkan hasil terbaik. Hal itu karena ketika brosist memutar dan menghentakkan tubuh saat mengangkat beban malah membuka celah mengalami cedera olahraga seperti nyeri sendi, otot tertarik, bahkan patah tulang.



Nyeri pada leher

Jangan tempatkan tangan di leher saat melakukan gerakan menarik leher ke depan. Hal ini akan menyebabkan cedera berupa sakit leher yang parah.

Sebaliknya, tempatkan tangan di dada atau di samping kepala. Jika Anda terbiasa menempatkan tangan di belakang kepala, jangan memaksakan kepala Anda ke depan dalam rangka untuk mengimbangi atau memulai gerakan.

Squat (jongkok) yang tepat

Ketika brosist melakukan gerakan jongkok, keseimbangan dan keselarasan tubuh itu  penting. Jangan membungkuk terlalu ke depan atau lebih rendah dari tinggi lutut. Ketika jongkok, lengkungkan punggung, perut pun harus dikencangkan, kepala dan tubuh juga harus selaras. Jangan biarkan lutut  menyilangkan jari-jari dan jangan mengunci lutut saat mengangkat diri.

Luruskan punggung saat deadlift (latihan beban)

Jika brosist memulai gerakan deadlift dan melengkungkan tubuh, kemungkinan akan berisiko mengalami slip disc atau hernia. Jaga kepala dalam posisi netral, tidak naik atau turun.

Postur di bangku bench press

Brosist mungkin berpikir dengan postur di bench pres tidak tepat, tapi melengkungkan punggung dapat menyebabkan cedera olahraga seperti nyeri punggung. Inilah yang harus dilakukan, kaki harus di lantai, pantat di kursi, dengan sedikit lengkungan di punggung bawah.

 

Itulah beberapa gerakan yang perlu diperhatikan ketika nge-gym agar terhindar dari cedera. Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan gear yang sesuai untuk gym. Untuk itu lo bisa langsung cek aja ncrsport.com ya