Menurut laporan WebMD, saat tubuh kita bersiap untuk bangun di pagi hari, tubuh melepaskan gelombang hormon yang dapat bekerja melawan insulin dan meningkatkan gula darah. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja dan biasanya tidak menjadi masalah karena tubuh secara alami memproduksi insulin untuk memperbaikinya. Namun, tubuh penderita diabetes mungkin tidak dapat merespon dengan cara yang sama. Hal ini dapat menyebabkan kadar gula darah yang terus-menerus tinggi di pagi hari. Meski peningkatan gula darah, jika terjadi terus menerus, termasuk di pagi hari, bisa meningkatkan risiko komplikasi jangka panjang. Beberapa cara menurunkan gula darah pagi hari tanpa obat adalah melalui perubahan gaya hidup dan pola makan. Jika perubahan gaya hidup sederhana tidak membantu, penderita diabetes harus berbicara dengan dokter mereka tentang cara terbaik untuk menurunkan kadar gula darah di pagi hari.

Batasi asupan karbohidrat di malam hari

Menurut sebuah laporan dari Very Well Health, pola makan berperan penting dalam mengelola diabetes dan menjaga kadar gula darah yang sehat. Penderita diabetes perlu mengetahui makanan terbaik dan terburuk untuk kondisinya. Karbohidrat adalah bagian penting dari diet apa pun tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Cemilan pagi yang mencegah gula darah tinggi termasuk buah-buahan dan sayuran, yogurt bebas gluten, popcorn bebas lemak, sereal rendah lemak, telur rebus, jus beku bebas gula, apel kecil, dan keju rendah lemak.

Olahraga di sore hari

Olahraga dapat menurunkan gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin, yang memungkinkan tubuh menggunakan insulin dan glukosa secara lebih efisien, yang meningkatkan pergerakan glukosa selama dan setelah berolahraga. Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga mengarah pada regulasi insulin yang optimal. Jika Anda berolahraga setelah makan malam, siapkan kadar glukosa yang stabil di pagi hari. Latihan terbaik untuk menghindari gula darah pagi adalah jalan kaki, yoga, berenang, dan tai chi

Perhatikan asupan lemak

Lemak sehat adalah bagian penting dari diet sehat, tetapi dapat berdampak negatif pada kadar gula darah. Mengonsumsi makan malam tinggi lemak dapat menunda lonjakan gula darah normal postprandial hingga keesokan paginya karena lemak memperlambat tubuh dan proses pencernaan. Karena makanan berlemak juga dapat menyebabkan obesitas, yang merupakan faktor risiko utama diabetes, makan lebih sedikit lemak dan lebih banyak protein adalah pendekatan yang baik untuk penderita diabetes. Contoh lemak tak jenuh adalah alpukat, minyak canola, kacang-kacangan, ikan berminyak, biji chia, dan kenari.

Itulah beberapa makanan alami untuk cegah gula darah naik di pagi hari. Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan gear yang sesuai untuk gym. Untuk itu lo bisa langsung cek aja ncrsport.com ya