HIIT adalah olahraga berintensitas tinggi yang dilakukan dengan jangka waktu yang relatif pendek. Biasanya, olahraga HIIT berdurasi sekitar 10-30 menit. salah satu jenis dari olahraga kardio yang meningkatkan detak jantung dan oksigen, serta aliran darah ke seluruh tubuh.

Meskipun singkat, HIIT diyakini mampu membakar lebih banyak kalori dari jenis olahraga lain. Hal ini membuatnya sering jadikan opsi bagi orang-orang yang sibuk dan ingin menurunkan berat badan dalam waktu cepat. Dan walaupun HIIT termasuk olahraga kardio, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Kardio memiliki kecepatan dan intensitas yang konsisten, sedangkan HIIT mengombinasikan intensitas dan istirahat

Apabila kamu lebih condong untuk melakukan olahraga HIIT, penting untuk mengetahui apa saja manfaat dari jenis olahraga ini agar bisa optimal untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat olahraga HIIT yang sangat baik bagi kesehatan tubuh:

1. Membakar lemak lebih cepat

2. Menjaga kesehatan jantung

3. Mendukung kesehatan mental

4. Membakar kalori dalam waktu yang singkat

5. Meningkatkan metabolisme tubuh 

6. Membentuk massa otot

7. Membantu otot menyerap oksigen dengan lebih baik

8.Menurunkan tekanan darah

9. Menurunkan kadar gula darah

Jenis-jenis gerakan HIIT

  1. Sepeda statis
  • Kayuh sekuat dan secepat mungkin selama 30 detik
  • Kemudian, kayuh dengan kecepatan lambat dan mudah selama 2-4 menit
  • Ulangi pola ini selama 15-30 menit
  1. Lari
  • Lakukan joging sebagai pemanasan
  • Selanjutnya, lakukan sprint atau lari secepat mungkin selama 15 detik
  • Setelah itu, jalan atau joging dengan lambat selama 1-2 menit
  • Ulangi selama 10-20 menit
  1. Squat jump
  • Lakukan squat jump secepat mungkin selama 30-90 detik
  • Kemudian, berdiri atau berjalan selama 30-90 detik
  • Ulangi selama 10-20 menit
  1. Push up

Push up tidak hanya bisa membentuk otot tapi juga bisa melatih stamina dan membakar banyak lemak. Untuk melakukan push up yang benar ulangi beberapa kali sesuai kemampuan

  1. Burpees

Burpees adalah variasi gerakan HIIT yang ideal karena bisa menggabungkan antara latihan keseimbangan, pergerakan, dan kekuatan.

  1. High knees

High knees adalah gerakan yang ideal untuk HIIT karena bisa memacu detak jantung dengan cepat dan bisa dilakukan dengan mudah.

Untuk melakukannya, kamu cukup bergerak seperti sedang lari di tempat. Bedanya, saat berlari, lutut harus ditekuk tinggi-tinggi hingga mencapai depan dada atau mendekati dada.

  1. Lunges

Lunges bisa dipakai sebagai salah satu variasi gerakan HIIT. Gerakan ini, selain melatih jantung, juga akan membuat kaki menjadi lebih kuat.

  1. Tricep dips

Tricep dips dapat melatih tubuh bagian atas dan membantu membentuk lengan dengan baik.

 

Itulah manfaat dari HIIT (High-Intensity Interval Training). Selain dari pada hal tadi brosist juga harus mempersiapkan sepatu dan gear yang sesuai untuk olahraga. Untuk itu lo bisa langsung cek aja startinglane.co.id ya