Lari marathon merupakan cabang olahraga atletik yang begitu cukup populer. Terbagi menjadi dua tingkatan untuk cabang olahraga yang satu ini. Pertama, tingkatan profesional yang diikuti oleh para atlit yang sudah sangat terlatih. Kedua, tingkatan non profesional yang biasanya diikuti oleh masyarakat umum. Walau, saat ini marathon telah menjadi olahraga yang sangat populer tapi ternyata marathon itu punya background yang cukup historical.

Lari marathon berasal dari Yunani yang diambil dari nama perang antara Yunani dan Persia pada tahun 490 SM, yakni perang Maraton. Lari marathon dinamai setelah seorang prajurit Yunani bernama Pheidippides berlari sejauh 30an kilometer dari tempat perang Marathon ke Athena untuk memberitakan kekalahan invasi Persia. Setelah tugasnya selesai, Pheidippides meninggal dunia dan untuk menghormati sekaligus mengenang jasa dibuat lah patung Pheidippies.

Lari marathon pertama dihelat pada saat Modern Olympics tahun 1896 dan dimenangkan oleh Spyridon Louis. Panjang treknya sekitar 40 km dan ditempuh dalam 2 jam 58 menit 50 detik. Panjang trek lari Maraton mengalami perubahan pada tiap periodenya. Pada tahun 1921, Internasional Amateur Athletic Federation (IAAF) secara resmi menentukan panjang trek menjadi 42.195 km.

Itulah fakta seputar sejarah Maraton. Selain dari pada hal tadi Laners juga harus mempersiapkan gear yang sesuai untuk jika Laners mau mengikuti Maraton. Untuk itu lo bisa langsung cek aja startinglane.co.id ya!