Hal buruk yang terjadi ketika kita udah suka banget sama sepatu itu alhasil sering dipake dan akhirnya bisa sampai membuatnya jadi kusut dan ada lipatan atau biasa dikenal dengan sebutan “crease”. Tapi lo gak perlu khawatir, karena kerusakan model tadi bisa dihilangkan loh! Dilansir dari situs Nike berikut ini cara yang bisa membantu menghilangkannya! Check this out

Bahan yang perlu brosist siapkan yaitu, koran dan semir atau kondisioner sepatu. Sedangkan untuk alatnya bisa siapkan kain, setrika, hairdryer, shoe tree, dan microwave.

Ada sesuatu yang istimewa tentang sepasang sepatu original nih. Semakin lama brosist dapat mempertahankan penampilan yang “out-of-the-box” — bersih sempurna, tidak ada bekas lecet, tidak ada lipatan — semakin baik. Namun, membeli sepasang sepatu hanya untuk dilihat di lemari aja? kayaknya gak oke sih.

Semua sepatu yang digunakan tentu gak bisa dihindari dari kotoran yang menempel. Apalagi jika digunakan terus-menerus bisa membuatnya terlihat usang dan minimbulkan lipatan dan kerutan pada sepatu. Inget loh brosist, semua sepatu ya tidak terkecuali. Karena sepatu yang dipakai gak bisa menghindari dari penggunaan yang aktif dan momen ketika kita gak sengaja menekukan kaki, waduh itu yang paling ditakuti sneakerhead!  Hal tersebut disebabkan karena gerakan tersebut menyebabkan bahan di dalam sepatu terkompresi, yang membuat lipatan atau kerutan yang tidak sedap dipandang mata. Kulit, kanvas, suede — semuanya berisiko. Lipatan pada sepatu apa pun adalah hal yang normal, bahkan jika brosist gak menyukai tampilannya. Ini lah caranya!

Cara Populer Mengatasi Sneaker Lipatan

Beli sepatu yang pas. Salah satu cara untuk mengurangi risiko lipatan sepatu adalah dengan memastikan sepatu brosist pas. Sepatu yang terlalu besar lipatannya lebih banyak karena ada ruang ekstra antara kaki dan sepatu.

Belilah sepatu yang terbuat dari bahan berkualitas. Kualitas penting dalam hal sepatu brosist. Yang dibuat dengan bahan berkualitas lebih rendah juga lebih rentan kusut. Makanya ngapain sih masih beli yang KW? langsung aja beli sepatu ORI disini yaa!

Nah berikut ini ada dua tipe cara yang pertama tips dengan cara bahan panas dan kedua tanpa panas, cek berikut ini!

Cara Menghilangkan Lipatan Sepatu Dengan Energi Panas

1. Gunakan Setrika
Sejauh ini, menghilangkan kerutan dengan setrikaan adalah cara paling populer. Trik menggunakan setrika adalah dengan menjejalkan sepatu agar bentuknya tetap utuh seperti sedia kala, dari bagian tumit hingga ujung toe box. Mengepak sepatu sekencang mungkin akan membantu meluruskan lipatan. Brosist bisa siapkan kertas bekas, seperti koran karena bisa berfungsi paling baik, tetapi kardus atau bahkan beberapa kaus kaki brosist juga merupakan cadangan yang bagus. Langkah menggunakan setrika sebagai berikut:

Basahi kain, seperti waslap. Lalu letakkan langsung di atas lipatan. Nyalakan setrika antara 60–80 derajat Fahrenheit. Setrika di atas handuk dengan penekanan lembut kurang lebih selama 10 detik. Periksa lipatan antara menyetrika untuk menghindari kerusakan pada sepatu. Saat lipatan hilang, hentikan menyetrika, tetapi biarkan sepatu tetap terisi sampai dingin. Jadi isian tadi jangan dulu dikeluarkan ya!

Tips ini bekerja paling baik pada sepatu kulit. Brosisr dapat menggunakannya pada sepatu suede juga sih, tetapi peras handuk sebanyak mungkin terlebih dahulu. Air dan suede bukanlah kombinasi yang ideal. Karena akan menyerap air begitu banyak dan cepat.

2. Cobalah dengan Hairdryer 
Jika brosist tidak memiliki setrika, pengering rambut juga dapat digunakan, terutama untuk sepatu kulit. Untuk menjaga bentuk sepatu, saat proses pemanas dari hairdryer, sebaiknya gunakan shoe tree. Sehingga tidak akan menjadi panas di dalam sepatu.

Begini tipsnya menggunakan hairdryer:

Nyalakan pada pengaturan panas rendah. Lalu pegang 8-10 inci dari sepatu. Lewatkan pengering di atas sepatu beberapa kali dan kemudian letakkan. Dengan jari brosist, gosokkan kulit hangat ke shoe tree. Dan terus ulangi sesuai kebutuhan sampai lipatan hilang.
Dengan metode ini, brosist harus menjaga shoe tree tetap di tempatnya saat sepatu mendingin.

Karena menerapkan panas langsung ke kulit sepatu, brosist mungkin ingin menindaklanjuti proses ini dengan semir sepatu atau kondisioner. Panas dapat mengeringkan kulit, dan perawatan pengkondisian akan memastikan sepatu brosist terlihat terbaik setelah lipatan atau kerutan hilang.

3. Sepatu didalam Microwave
Strategi ini bekerja paling baik pada sepatu kulit dan hanya membutuhkan kain, seperti waslap atau handuk, dan microwave. Basahi handuk dan peras hingga basah. Taruh handuk di piring tahan panas, seperti Pyrex. Panaskan dalam microwave, dengan suhu tinggi, selama 30 detik. Gosokkan handuk hangat dan beruap di atas lipatan untuk memanaskan kulit. Sisipkan shoe tree untuk menjaga bentuk sepatu saat dingin.

Cara Menghilangkan Lipatan Sepatu Tanpa Panas

Tidak semua solusi lipatan sepatu membutuhkan panas. Panas bisa juga berpotensi merusak sepatu jika brosist tidak hati-hati, dan sedikit lebih kasar pada sepatu non-kulit. Untuk alasan ini, mungkin brosist ingin mencoba menghilangkan lipatan atau kerutan dengan cara lain. Check this out!

1. Kondisikan Sepatu Agar Tetap Awet
Untuk sepatu kulit, btosist dapat membuang panas dan menggunakan kondisioner atau minyak khusus untuk menghilangkan kerutan tersebut. Sebelum mulai, uji produk pada bagian sepatu yang kecil dan tidak mencolok. Jika ingin memastikan tidak ada perubahan warna atau efek samping lainnya. Brosist juga harus memoles/mengkondisikan seluruh sepatu agar penampilan tetap konsisten.

Oleskan produk ke seluruh sepatu, luangkan sedikit waktu ekstra pada lipatan, pijat minyak/kondisioner. Setelah selesai,  brosist bisa memasukkan shoe tree untuk mempertahankan bentuk sepatu saat mengering.

2. Berinvestasi di Pohon Sepatu

Jika brosist mau menggunakan strategi super sederhana untuk menghilangkan lipatan itu, Lo dapat menggunakan shoe tree sendiri. Ini mungkin tidak bekerja secepat cara yang sebeumnya , tetapi meregangkan sepatu kembali ke bentuk aslinya dengan bantuan shoe tree pula,dapat menghilangkan lipatan.

3. Menjaga Sepatu agar Terlihat Seperti Baru
Membersihkan sepatu secara teratur dan mengatasi lipatan saat muncul adalah cara yang bagus untuk memperpanjang umur sepatu favorit brosist. Lo juga akan membuatnya terlihat seperti baru lebih awet   Tampilan segar dan out-of-the-box itu adalah apa yang kita semua inginkan, terutama ketika brosist menggunakan sepasang sepatu spesial, seperti sepatu Jordan yang membuat semua orang iri.

 

Cara mana nih yang kira-kira bakal brosist coba? Kalau lo mau sepatu Nike, tinggal klik teks ini atau lebih lengkapnya kunjungi ncrsport.com yaa!