Kekhawatiran atau kecemasan yang berlebihan adalah masalah umum yang dialami banyak orang. Hal ini dapat menyebabkan kita terus menerus takut dan mengalami penurunan fungsi otak. Oleh karena itu diperlukan bantuan profesional untuk mengatasi hal ini. Selain itu, kita dapat menggunakan berbagai metode khusus untuk mengurangi gejala kecemasan, seperti: gerakan dan teknik pernapasan. Makanan yang kita makan juga dapat membantu mengurangi keparahan gejala kecemasan yang kita alami.

Ikan Salmon

Salmon mengandung nutrisi yang menyehatkan otak seperti vitamin D dan asam lemak omega-3 eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). EPA dan DHA dapat membantu mengatur neurotransmiter dopamin dan serotonin, yang memiliki sifat menenangkan dan merilekskan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa asam lemak ini dapat mengurangi peradangan dan mencegah disfungsi sel otak yang mengarah pada perkembangan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan. Kadar EPA dan DHA yang cukup juga dapat meningkatkan kemampuan otak untuk beradaptasi terhadap perubahan. Nutrisi ini juga membantu kita mengatasi stresor yang memicu gejala kecemasan. Vitamin D dalam salmon juga membantu meningkatkan kadar neurotransmitter, yang meningkatkan rasa tenang.

Coklat hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonol. Senyawa ini bermanfaat untuk fungsi otak. Flavanol meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan kemampuan otak untuk beradaptasi dengan situasi stres. Efek ini membantu kita untuk lebih beradaptasi dengan situasi stres, yang dapat menyebabkan gangguan kecemasan dan suasana hati. Beberapa peneliti juga mengklaim bahwa rasa coklat hitam dapat meningkatkan mood. Makan cokelat hitam juga menurunkan kadar hormon stres penyebab kecemasan seperti katekolamin dan kortisol. Mengonsumsi cokelat hitam juga terbukti meningkatkan kadar neurotransmitter serotonin, yang dapat membantu mengurangi stres penyebab kecemasan.

Yogurt

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan probiotik seperti yogurt dapat meningkatkan kesehatan mental dan fungsi otak. Manfaat ini karena kemampuan yogurt untuk memblokir radikal bebas dan neurotoksin yang merusak jaringan saraf di otak dan menyebabkan kecemasan. Konsumsi rutin yogurt setiap hari juga membantu probiotik mengatasi stres dengan lebih baik. Konsumsi yogurt secara teratur juga meningkatkan fungsi otak, yang membantu mengendalikan emosi dan perasaan, sehingga mengurangi gejala kecemasan.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.