Makan mie dengan nasi adalah kebiasaan banyak orang Indonesia. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka dapat membahayakan kesehatan. Nasi dan mie masih bisa kita makan bersama asalkan nilai kalori tubuh kita tidak terlalu tinggi. Kelebihan asupan kalori menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jadi apa itu kalori dan berapa banyak kalori yang kita butuhkan setiap hari?

Efek kelebihan kalori

Kelebihan kalori disimpan di dalam tubuh sebagai sel lemak. Hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan dan persentase lemak tubuh yang tinggi. Selain itu, asupan kalori yang berlebihan dapat menyebabkan stres pada tubuh dan meningkatkan faktor risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker.

Kebutuhan kalori tubuh

Kalori adalah energi dalam makanan atau minuman yang kita konsumsi. Menurut situs National Health England (NHS), rata-rata wanita membutuhkan 2.000 kalori dan pria 2.500 kalori sehari. Namun, kebutuhan kalori setiap individu berbeda-beda berdasarkan faktor seperti usia, jenis kelamin, tinggi badan, berat badan saat ini, dan tingkat aktivitas fisik. Menentukan jumlah kalori yang tepat membantu mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan.

Wanita dan lansia dengan gaya hidup tidak aktif umumnya membutuhkan 1600 kalori per hari. Sebaliknya, anak-anak, remaja, dan wanita yang aktif atau menyusui membutuhkan sekitar 2.200 kalori. Asupan kalori untuk remaja dan pria aktif adalah sekitar 2800 kalori.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.