Menurut situs resmi Anorexia Nervosa and Associated Disorders (ANAD), body shaming adalah segala aktivitas atau praktik yang menyinggung bentuk atau ukuran tubuh orang lain. Bentuk bullying ini bisa dilakukan oleh orang-orang terdekat seperti orang tua, saudara, teman, orang asing hingga komentar negatif di media sosial atau media tradisional.

Depresi

Rasa malu pada tubuh dapat menyebabkan depresi, terutama pada orang muda. Tindakan ini awalnya melukai harga diri. Setelah itu, korban mungkin menjadi merah dan putus asa bahkan membenci tubuhnya sendiri. Jika perasaan negatif ini tidak diberikan perhatian medis yang tepat, bahkan korban depresi mungkin memiliki pikiran untuk bunuh diri.

Gangguan Makan

Efek lain dari body shame juga bisa memicu gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia. Rasa malu pada tubuh secara psikologis dapat memotivasi seseorang untuk menolak mempertahankan berat badan yang sehat. Korban body shaming yang diejek karena gemuk atau kurus bisa menjadi frustasi dan makan lebih banyak lagi. Atau kondisi ini juga bisa menyebabkan korban menolak makan hingga terjadi gizi buruk (malnutrition) yang parah.

Gangguan kecemasan dan serangan panik

Korban yang mengalami body shaming secara terus-menerus mungkin lambat laun akan merasa kasihan pada diri sendiri hingga harga diri mereka turun dan mereka kurang percaya diri. Korban mungkin menganggap dirinya tidak berharga, tidak layak mendapatkan kebahagiaan, atau tanpa kehormatan, menyebabkan korban menarik diri dari lingkaran sosial dan memilih untuk mengasingkan diri. Jika Anda tidak segera mendapatkan pertolongan medis, korban dapat mengalami kecemasan yang parah dan memicu serangan panik.

Setiap orang berhak merasa nyaman dan percaya diri dengan bentuk dan ukuran tubuhnya sendiri. Jika Anda merasa malu dan tidak nyaman, Anda harus mempertimbangkan untuk berbicara dengan orang terdekat dengan ahli kesehatan mental.

 

Untuk update berita berita terbaru dan tips&trick, dan gear – gear olahraga Brosist bisa langsung berkunjung ke website resmi di ncrsport.com ada banyak pilihan koleksi gear dan juga penawaran yang menarik.